Beriklan di Google Adwords sekarang sudah menjadi hal biasa. Banyak pelaku bisnis memanfaatkan Adwords untuk menawarkan produk dan jasa yang dijual. Tidak dipungkiri keberhasilan suatu bisnis sedikit-banyak memang dipengaruhi oleh iklan atau promosi.
Iklan membantu mengenalkan produk atau jasa kepada masyarakat target pasar. Sebaliknya, tanpa iklan mungkin Anda merasa kebingungan untuk mengenalkan produk dan jasa kepada konsumen potensial. Adapun beriklan dengan Adwords menjadi salah satu solusi agar bisa tampil menonjol di antara pesaing dengan produk sejenis. Berikut kelebihan beriklan di Google, yaitu:
· Biaya Iklan Terjangkau
Biaya iklan menggunakan Google Adwords lebih terjangkau dan efektif. Bandingkan saja dengan besar biaya yang harus Anda keluarkan jika membuat brosur iklan atau media cetak lain. Menyajikan iklan di Adwords jauh lebih murah dan sekiranya Adwords pilihan terbaik untuk bisnis di jaman modern seperti sekarang ini.
· Iklan Sukses dalam Waktu Singkat
Anda tidak perlu menunggu lama hasil dari iklan Adwords. Dengan Adwords Anda bisa membuat iklan yang atraktif, tepat sasaran, dan berkualitas. Dimana iklan Anda akan langsung disuguhkan kepada konsumen potensial. Sehingga dalam waktu singkat Anda bisa mendapat keuntungan dari pemasangan iklan. Tentu hal ini sekaligus membantu menghemat biaya iklan.
· Menjangkau Seluruh Dunia
Menggunakan iklan Adwords, Anda bisa mempromosikan produk atau jasa yang dimiliki ke seluruh penjuru dunia. Informasi produk Anda bisa diakses siapa saja. Hal ini karena Google termasuk mesin pencari yang banyak digunakan pengguna internet.
Akan tetapi, Anda memang harus mengetahui tentang ketatnya persaingan bisnis. Jelas banyak pebisnis yang menawarkan produk atau jasa sama. Untuk itu, dianjurkan agar bisa memilih kata kunci yang spesifik dan tepat.
· Kemudahan Sunting Iklan
Kelebihan iklan Adwords lainnya adalah kemudahan sunting di kemudian hari. Meski iklan sudah ditayangkan, Anda tetap bisa melakukan perubahan sesuai kebutuhan. Tentu hal ini sangat berbeda dengan iklan di media cetak atau lainnya yang tidak bisa diubah jika sudah tayang. Adapun iklan Adwords bisa Anda ganti menyesuaikan efektivitas pada peningkatan omset jualan.
Tidak dipungkiri iklan dengan Adwords masih memiliki kekurangan. Misalnya saja adanya risiko sulit mendapat konsumen potensial bila gagal melakukan analisis web. Analisis yang tidak tepat seringkali membuat pemilihan keyword terlalu lemah dan tidak menguntungkan. Sehingga kampanye iklan pun tidak berhasil menarik minat konsumen.
Setiap metode iklan sekiranya tidak lepas dari kekurangan, demikian juga Adwords. Hanya saja, dibanding dengan kelebihannya beriklan di Google tetap lebih menguntungkan. Apalagi risiko gagal kampanye sebagai kelemahan Adwords bisa ditekan dengan melakukan analisis dan tes secara teliti. Beriklan di Google Adwords memang membutuhkan waktu dan keterampilan tersendiri agar membuahkan hasil seperti keinginan.