Keberhasilan iklan Google Adwords salah satunya ditentukan dari pemilihan keyword atau kata kunci. Keyword inilah yang bisa dimanfaatkan sebagai penghubung dengan target terbidik. Saat pengguna internet memasukkan keyword yang sama dengan kata kunci yang sudah Anda tetapkan, maka iklan Anda akan ditampilkan. Adapun berikut ini rahasia keyword agar iklan Anda bisa sukses, yaitu:
· Menentukan Target Keyword
Pemilihan kata kunci tidak boleh asal. Agar sukses menyasar target pasar, maka penggunaannya harus dikaitkan dengan siapa saja target market Anda. Dalam hal ini ada 2 cara memakai aplikasi Adwords yang bisa dicoba, yakni dengan iklan dinamis dan juga perangkat pencarian keywords.
Pertama, iklan dinamis otomatis menyediakan keyword sesuai dengan target yang Anda bidik. Iklan dinamis dapat mengatur dirinya sendiri agar tampil pada target market. Dengan demikian, Anda tidak harus repot menyusun kampanye manual ataupun memasukkan keyword dalam ad group. Pasalnya iklan dinamis memasang target keywords yang sering digunakan dalam mesin pencarian Google.
Selain itu, ada perangkat yang bisa digunakan untuk mengatur keyword, mencari keyword populer, sekaligus merencanakan kampanye. Adalah perangkat pencarian keywords. Dimana perangkat ini membutuhkan parameter tambahan seperlu membatasi ruang lingkup pencarian. Dalam hal ini Anda bisa memasukkan nama produk atau jasa yang ditawarkan, kategori, landing page, dan target. Berikutnya perangkat akan menggunakan data parameter seperlu menyajikan informasi recommended.
· Meningkatkan Jangkauan Keyword
Anda bukan satu-satunya pebisnis yang beriklan dengan Google Adwords. Karenanya ada persaingan ketat, termasuk persaingan kata kunci. Namun, Anda bisa mengatasinya dengan meningkatkan Ad Rank atau peringkat iklan Anda. Dalam hal ini ada 2 cara yang dianjurkan, baik dengan PPC (pay per click) atau mengoptimalkan kualitas iklan.
Perlu diketahui Ad Rank ditentukan berdasar hasil perhitungan Quality Score dan juga bid per click. Dimana semakin tinggi nilai bid per klick dan quality score pada iklan Anda, maka akan semakin besar pula peluang iklan Anda akan disajikan di posisi atas. Demikian sebaliknya.
· Memanfaatkan Ad Extensions
Seperlu meningkatkan peringkat dan efektivitas iklan Anda bisa memanfaatkan Ad Extensions. Contohnya, bagi Anda yang memilih iklan menggunakan bahasa Indonesia dan membidik konsumen lokal bisa mengubah setting dalam Ad Extensions. Yakni ubah khusus untuk wilayah Indonesia. Dengan demikian kampanye iklan Anda akan jauh lebih spesifik dan efektif.
Selesai mengubah pengaturan, jangan lupa untuk melakukan tes. Saat memilih bahasa Indonesia, maka Anda bisa mengatur iklan ditampilkan pada pencarian yang dilakukan pengguna internet dari Indonesia dan negara tetangga Malaysia. Tes untuk mengetahui apakah lokasi negara sudah cocok dengan target pasar Anda, sehingga Anda juga harus mempertimbangkan modifikasi setting Ad Extensions dalam Google Adwords.