Bagaimana cara membuat iklan Google Adwords? Untuk beriklan di Adwords milik Google, maka Anda perlu memiliki akun Adwords lebih dulu. Bila Anda sudah memiliki akun tersebut artinya Anda siap memulai iklan pertama. Namun, sebelumnya tentu penting mengenal beberapa format iklan yang berlaku dalam Adwords.


Format iklan paling sederhana dari iklan Adwords adalah bentuk teks. Yakni iklan berupa rangkaian kata-kata yang dibuat persuasif. Dari segi biaya, harga iklan teks cukup terjangkau. Tentunya jika dibanding iklan format gambar. Untuk membuat iklan Adwords sangat mudah. Berikut 4 cara lengkapnya:

1.     Membuat Campaign

Untuk membuat iklan pertama kali Anda perlu membuat campaign terlebih dulu. Caranya dengan mengklik create your first campaign, lalu memilih jaringan yang diinginkan. Sebagai contoh Anda bisa memilih Search Network Only. Dengan memilih jaringan tersebut berarti iklan Anda akan disajikan di search engine Google, peta Google, Google Shopping, dan sebagainya.
Belum selesai, Anda juga harus melakukan pengaturan. Mulai dari mengisi nama campaign, memilih tombol button standard, setting lokasi seperti Indonesia, lalu bahasa yang akan digunakan. Untuk bisnis lokal Anda sebaiknya memilih bahasa Indonesia yang umum digunakan.

2.    Mengatur Bid Strategi

Dalam Google Adwords ada bid strategi yang merupakan pengaturan budget tiap harinya. Anda bisa mengaturnya secara otomatis ataupun manual. Iklan dengan Adwords ibarat suatu lelang. bila Anda berani memasang bid tinggi, maka iklan Anda mempunyai peluang besar untuk tampil di posisi strategis. Bagi pemula, dianjurkan untuk cermat membandingkan besar untung atau pendapatan dengan biaya iklan yang harus dibayar.

3.  Group dan Keywords

Agar iklan lebih efektif, ada baiknya Anda membuat group pada iklan yang dibuat. Caranya cukup dengan memasukkan ad group name selesai melakukan pengaturan campaign. Bila sudah Anda bisa lanjut dengan membuat kata kunci untuk iklan yang paling banyak dicari.

4.  Pengaturan Iklan

Untuk pengaturan iklan Anda bisa klik create an ad. Lanjutkan dengan pengaturan sesuai kebutuhan, sehingga iklan Anda menarik bagi calon konsumen. Pada umumnya iklan Adwords memiliki beberapa bagian. Ada bagian headline, deskripsi line 1, deskripsi line 2, display URL, dan juga destination URL. Lengkapi semua data tersebut pada kolom yang sudah tersedia lalu pilih tombol Save Ad Group.
Bahasa iklan sudah seharusnya bahasa yang menarik. Sehingga banyak pengunjung penasaran untuk mengklik iklan yang Anda tampilkan. Selesai melakukan pengaturan, maka iklan Anda akan ditinjau apakah pantas tidak untuk ditayangkan.


Itulah beberapa langkah mudah membuat iklan Adwords. Mengingat adanya pengaturan iklan Adwords, maka ada baiknya Anda juga mencari tahu sejumlah kebijakan yang ditetapkan Google. Agar iklan Anda bisa ditampilkan tentu Anda harus mematuhi setiap peratruan pengiklanan di Google Adwords.