Media social menjadi salah satu sarana pemasaran yang baik, terutama 10 tahun terakhir. Untuk kedepannya media social dilirik sebagai pasar yang cukup besar untuk membangun brand.
Mendapatkan manfaat dari segi marketing di media sosial :
1. Mengerti dan mengukur tujuan anda
2. Mengenal karakteristik pelanggan anda
3. Perhatikan dan awasi saingan anda
4. Pilih media yang tepat
5. Membangun perencana konten
Mengetahui dan Mengukur Tujuan Anda
Anda harus mengetahui tujuan marketing yang anda lakukan di media sosial. Apakah untuk sekedar memberikan informasi atau mengenalkan produk anda saja? Apakah untuk meninkatkan traffic ke website anda? Apakah untuk mengningkatkan penjualan? Apakah membangun loyalitas dengan pelanggan anda? Apapun tujuan anda, itulah yang akan menentukan langkah berikutnya yang akan anda ambil.
Ada beragam tujuan marketing di media social, dengan mengetahui tujuan dengan jelas maka anda akan dengan mudah menemukan strategi apa saja yang dapat anda terapkan. Tujuan yang hendak anda capai harus terukur gunanya agar mudah dilakukan analisa terhadap stategi yang anda ambil. Terukur dari segi waktu dan hasilnya, dengan begitu anda akan mengetahui pencapaian yang anda lakukan.
Mengenal Karakteristik Pelanggan Anda
Setelah mengetahui tujuan anda dengan jelas selanjutnya anda harus mengenal karakter pelanggan/audiens anda. Semakin spesifik karakter audiens anda maka akan semakin baik. Dengan demikian anda bisa menarget orang yang tepat. Buatlah rincian pelanggan anda dari segi kegemaran, usia, ketertariakn bidang tertentu dan lainnya.
Perhatikan dan Awasi Saingan Anda
Saingan anda adalah mereka yang menjual produk sejenis atau mereka yang menargetkan audiens yang sama dengan anda. Dengan adanya saingan anda menjadi bersemangat mengembangkan strategi-strategi baru, bahkan anda bisa belajar dari kesalahan saingan anda, anda bisa belajar dari kiat-kiat sukses mereka, anda bisa pelajari setiap detail aktivitas media sosial mereka, dll.
Pilih Media Anda
Tidak semua media social sesuai untuk bisnis anda. Pilihlah media sosial yang tepat untuk mengembangkan bisnis anda. Anda juga harus dapat mengidentifikasi apakah media social tersebut dapat mencapai target audiens anda. Fokuslah pada 1 atau maksimal 2 media sosial saja. Lebih dari 2 media social membuat anda kewalahan, lain halnya jika brand anda sudah sangat terkenal.
Membangun Perencana Konten
Dan terakhir yang perlu anda lakukan adalah mengembangkan rencana konten dengan baik agar dapat menyampaikan materi dengan menarik. Buatlah konten yang menarik dan tidak monoton. Konten bisa berupa video pendek atau ulasan apa saja. Jadi tidak terus-menerus teks dan gambar saja. Terkadang konten anda selingi dengan meme yang lucu juga bagus. Kreatiflah dalam membuat konten dan berikanlah konten yang bernilai bagi audiens anda.