Anda yang berpikir menggunakan social media marketing untuk mengembangkan usaha anda? Tentu itu sangat baik, tapi alangkah baiknya jika anda tidak terjebak pada kesalahan-kesalahan penggunaan social media marketing. Kesalahan strategi ini sering dilakukan oleh para pemula. Apa saja kesalahan yang sering terjadi saat menjalankan strategi social media marketing? Berikut beberapa kesalahan yang sering terjadi :
1. Tidak konsisten
Kesalahan yang pertama adalah tidak konsisten. Aktif memanfaatkan social media di awal saja dan kemudian jarang aktif lagi.
2. Tanpa target yang jelas
Sosial media merupakan sarana yang sangat baik untuk mengembangkan bisnis anda. Untuk itu anda perlu tujuan dan target yang jelas dalam menerapkan strategi yang dipakai dalam social media. Kesalahan yang sering terjadi adalah tidak jelasnya target yang ingin dicapai. Misalnya : target follower/fans, reach, target sales, dll. Jika target yang ingin dicapai jelas maka akan lebih mudah bagi anda mengevaluasi strategi yang anda gunakan.
3. Terlalu sering update status
Kesalahan berikutnya adalah terlalu sering update status. Terutama status promosi/jualan produk. Follower/fans anda akan jengah dengan dijejali status yang bertubi-tubi. Alih-alih mendapatkan customer, malah akun anda akan ditinggalkan oleh mereka alias di unfollow atau di unlike.
4. Komunikasi satu arah
Soscial media pada dasarnya merupakan media interaksi. Seringkali terjadi komunikasi yang terjadi hanya satu arah. Cobalah bangun percakapan dengan follower/fans anda. Atau anda bisa buat status yang meminta pendapat dari mereka. Anda akan temui pendapat yang beragam, ada yang setuju dan ada yang tidak setuju. Sebenarnya anda bisa manfaatkan untuk meminta masukan dari follower/fans anda.
5. Respon Lambat
Kesalahan ini yang paling bikin kesal follower/fans anda. Terlebih jika anda mengacuhkan mereka. Respon lambat sangat tidak disukai oleh siapapun sekalipun produk anda bagus dan bermanfaat. Cobalah merespon pertanyaan dan keluhan secepat mungkin.
6. Akun brand untuk hal personal
Kesalahan berikutnya adalah menggunakan akun brand/merek untuk hal yang personal/pribadi. Cobalah buat akun yang berbeda. Jangan anda gunakan akun brand untuk hal-hal yang bersifat pribadi. Terlihat jelas anda kurang professional.
7. Membeli follower
Kesalahan berikutnya yang sering dilakukan pemula adalah membeli follower atau menggunakan software yang bisa memperbesar follower/fans secara instan. Padahal belum tentu follower kita adalah follower asli, kemungkinan besar adalah follower palsu. Pemula biasanya ingin jaringannya cepat besar. Padahal akun media social juga butuh bertumbuh.
8. Tidak Fokus Menjalankan
Jika anda berpikir memanfaatkan social media merupakan strategi yang efektif maka fokuslah menjalankannya. Jangan menerapkan strategi ini untuk sekedar sambilan saja. Bahkan jika perlu anda butuh orang atau tim untuk menghandle social media bisnis anda.
9. Terlalu banyak Social Media
Terlalu banyak social media yang anda gunakan, membuat anda tidak fokus menjalankannya. Mungkin anda mengerti menggunakan beberapa media social, tapi bukan berarti semuanya harus anda pakai. Pilihlah paling banyak dua media social saja bahkan cukup fokus di satu media social saja. Karena yang paling penting adalah bagaimana menjaga konsistensi dan eksistensi dari akun brand anda.