Twitter merupakan layanan microblogging yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc. Pengguna dapat membaca dan mengirim pesan atau tweet sepanjang maksimal 140 karakter. Komunikasi di twitter sangat cepat terjadi terlebih ada trending topic yang membuat pengguna twitter tahu kejadian apa yang lagi happening. Di twitter kita bisa menjumpai banyak komunitas. Salah satu kelebihan twitter untuk marketing adalah anda bisa memasarkan produk secara gratis. Meskipun di twitter tidak terjadi komunikasi dua arah atau hanya sebagai tempat berbagi informasi, twitter tetap bisa menjadi sarana yang efektif untuk marketing anda asalkan tahu caranya. Berikut trik marketing di twitter :
1. Jadilah manusia
Buatlah follower dekat dengan anda. Pengguna tidak mau berkomunikasi dengan brand atau produk, mereka hanya bicara dengan sesama manusia. Maka tempatkan diri anda sebagai manusia, bukan produk. Sekalipun nama akun yang anda gunakan mewakili produk, tetaplah bersikap manusiawi, tidak kaku, komunikatif, dan interaktif dengan follower anda di Twitter.
2. Kenali follower dan orang-orang yang anda follow
Layaknya sebuah komunitas, twitter juga punya “aturan main”. Sebelum mulai ngetwit, kenali dulu siapa saja follower dan orang-orang yang anda follow. Sebaiknya kita men-tweet konten yang sesuai dengan karakteristik mereka.
3. Membangun percakapan
Di Twitter kita bisa lebih interaktif dengan pelanggan dan calon pelanggan. Buatlah percakapan yang menarik, sehingga kita tahu apa harapan mereka pada produk kita, apa yang sedang tren, dan sebagainya. Tidak hanya promosi terus-menerus, tapi juga menerima masukan dari fllower anda.
4. Promosikan seorang ambassador
Cari pengguna twitter yang aktif di komunitasnya dan followernya banyak. Ajak dia menjadi brand ambassador produk anda. Ini akan sangat membantu marketing produk anda.
5. Punya sesuatu untuk ditawarkan
Berikan tawaran yang menarik. Selain menawarkan produk anda bisa menawarkan hal lain berupa kuis berhadiah, info terkini, tips sehari-hari, dll.
6. Tweetkan web anda
Kita tak mungkin mentwit semua informasi tentang produk kita, tapi bisa diakali dengan member link ke website anda. Dengan demikian follower akan tahu bahwa produk yang anda tawarkan memang kompeten, memiliki web resmi, dan tidak main-main dalam bisnis ini. Tweetlah setiap kali ada update baru di web anda. Sebaliknya, tampilkan pula timeline dan akun Twitter anda di website, agar nampak interaktif.
7. Lacak percakapan
Rajinlah menyimak percakapan customer anda di Twitter. Siapa tahu mereka sedang membahas tentang produk anda.
8. Manfaatkan Search Engine Options
Pencarian lanjutan di search.twitter.com memungkinkan pengguna untuk menyisipkan kata kunci yang kemungkinan orang gunakan untuk menemukan seseorang atau produknya. Pencarian memungkinkan pengguna untuk membuat target tweet di daerah tertentu tanpa harus keluar dari komunitas sebelumnya. Hal ini memungkinkan pebisnis lokal untuk menjangkau pengguna Twitter di daerah mereka. Masukkanlah kata kunci yang banyak dicari orang.
9. Tweet meningkatkan Search Engine Optimation (SEO)
Pastikan untuk menggunakan kata kunci yang mudah diingat di tweet sesering mungkin. Jika tidak menggunakan nama perusahaan atau nama asli, maka pastikan informasi itu ada di data pribadi Twitter anda. Ini penting karena bisa membantu Google dalam membuat konten indeks yang sesuai dengan bisnis anda. Kemudian, anda bisa menggunakan Google Alerts untuk memonitor nama anda dan perusahaan anda. Informasi mengenai pendapat orang tentang perusahaan anda atau mungkin persaingan bisnis. Sering melakukan tweet tidak hanya membuat pengguna tetap aktif di newsfeeds, namun juga meningkatkan posisi pengguna di pencarian online.
10. Menjangkau pengguna ponsel
Pengguna mobile merupakan pasar yang bagus untuk bisnis anda. Twitter memungkinkan anda untuk membuat tweets yang dikirim secara langsung ke teman anda di Twitter.
11. Ubah topic setiap kali tweet
Hal ini dilakukan untuk meningkatkan traffic twitter anda. Sering merubah topik mampu menarik berbagai orang untuk melihat twitter anda.