Google Adwords bisa dianggap sebagai salah satu sumber pendapatan tambahan Google dengan menawarkan program iklan. Dimana Google memberi kesempatan beriklan menggunakan cara unik agar lebih efektif dalam memasarkan produk atau jasa secara online. 

 

Bagi Anda pebisnis online, mungkin sempat merasa ragu apakah benar menguntungkan beriklan menggunakan Adwords?

 

Bukan rahasia lagi bila Google adalah mesin pencari terbesar saat ini. Jutaan pengguna internet dari seluruh penjuru dunia didapati memilih Google untuk membantu mendapatkan informasi yang dibutuhkan. 

 

Oleh karena itulah ada banyak manfaat yang bisa didapat dengan beriklan menggunakan Adwords. Iklan Anda bisa tampil otomatis di halaman pertama Google. Hal inilah yang meningkatkan peluang iklan Anda akan diketahui banyak orang. Selain itu, masih ada beberapa manfaat Adwords lainnya berikut ini:

·  Traffic Lebih Cepat Meroket dan Mencapai Target

Salah satu perhitungan yang digunakan Adwords adalah PPC atau Pay per Click. Dimana biaya iklan Anda secara otomatis dikonversi ke jumlah pengunjung berdasar jumlah klik yang diberikan pengunjung. Sebagai contoh Anda memasang Adwords dengan biaya 50 ribu rupiah, maka Anda berkesempatan mendapat kurang lebih 50 klik tiap pengunjung. Jumlah tersebut dihitung dengan cara membangi 50 ribu dengan seribu.

·  Mendapat Pengunjung Sesuai Target yang Dibidik

Menggunakan Google Adwords Anda bisa menentukan siapa saja target pasar Anda dengan menentukan kategori-kategori tertentu. Dengan demikian, Anda berkesempatan mendapat pengunjung sesuai target market. Adwords membantu Anda menyajikan iklan sesuai kata kunci yang dimasukkan pengunjung.
Misalnya Anda menjakankan usaha jual baju muslimah. Lalu Anda membidik keyword jual baju muslimah murah di Jakarta, maka saat pengunjung mengetikkan kata kunci sejenis iklan Anda akan disajikan lewat Adwords. Sehingga iklan Anda hanya ditampilkan kepada pengunjung tertarget.

· Reputasi Website Meningkat

Sebelumnya untuk meningkatkan reputasi web digunakan SEO optimasi. Caranya dengan memasang keyword tertentu. Anda tetap bisa memanfaatkannya tanpa khawatir fungsinya berkurang bila memasang iklan Adwords. Sebaliknya beriklan dengan Google Adwords malah memberi keuntungan lebih. Pasalnya pencarian keyword yang banyak diburu seperlu optimasi SEO otomatis akan diinput oleh raksasa Google.

·  Membantu Meningkatkan Omset Penjualan

Tujuan beriklan adalah agar produk atau jasa yang ditawarkan dikenal calon konsumen. Tidak sampai di situ, dengan iklan yang dipasang diharapkan konsumen tertarik dan setuju untuk melakukan transaksi. Semakin banyak pembeli tentu semakin besar omset penjualan yang akan didapatkan.
Adwords sebenarnya tidak menjamin secara pasti omset penjualan Anda akan meningkat. Tetapi sejauh ini Adwords terbukti mampu meningkatkan omset penjualan antara 10% hingga 50%. Malah dengan membidik keyword secara tepat ada peluang omset meningkat sebesar 90%.
Meski demikian, masih ada banyak faktor yang mempengaruhi omset penjualan seperti keyword, dana harian, bisnis, dan lainnya. Untuk itu, sebaiknya Anda mempersiapkan strategi iklan Google Adwords Anda sebaik mungkin.